Sunday, March 27, 2016

Berikut ini tips menghindari jambret ketika berkendara


Siapa yang tidak kenal dengan istilah jambret. Apalagi akhir-akhir ini sangat marak dengan berita begal dan jambret. Penulis membuat tulisan ini karena sudah 3 kali melihat aksi jambret dengan mata sendiri sehingga memunculkan keinginan untuk menulis artikel 10 Tips menghindari jambret ketika berkendara.

Jambret tidak memandang baik itu laki-laki maupun perempuan yang menjadi incaran mereka. Satu hal yang yang menjadi prinsip mereka yaitu mereka beraksi jika ada kesempatan.


Ketika mengendarai sepeda motor:
  1. Berdoa terlebih dahulu minta pertolongan Allah SWT semoga diberi perlindungan sebelum berkendara.
  2. Gunakan jaket, Hal ini untuk menutupi bagian tubuh anda yang menggunakan aksesories seperti gelang dan kalung emas.
  3. Jangan menaruh tas disamping, Hal ini bisa memancing para pelaku untuk melakukan aksi jambretnya. Jika anda menggunakan jaket masukkan kedalam jaket atau taruh tas anda didalam bagasi  sepeda motor.
  4. Hindari jalan sepi, para pelaku jambret paling sering melancarkan aksinya ditempat tempat yang sepi.
  5. Tidak meninggalkan barang di kendaraan, Ketika anda berhenti pastikan tidak meninggalkan barang anda di kendaraan. hal ini paling sering terjadi ketika korban parkir membeli minuman di sebuah warung para jambret langsung mengambil tas korban yang digantung di sepeda motor.
  6. Cari tempat ramai jika merasa dibuntuti, Lihat kaca spion kanan dan kiri jika anda merasa ada orang yang mengikuti segera cari tempat ramai dan berhenti minta pertolongan. 
  7. Selalu waspada terhadap pengendara sepeda motor, biasanya pelaku jambret ini menggunaan jenis kendaraan bisa di buat ngebut seperti Ninja, Satria, GL, Rx King tetapi terkadang sepeda motor bebek biasa juga ada. umumnya para pelaku ini terdiri dari 2 orang laki laki berboncengan. misal ada 2 orang laki-laki berboncengan mengikuti anda segera pasang sikap waspada.
  8. Sebelum berhenti lihat kaca spion lagi karena para pelaku jambret ini kadang menunggu calon korbannya berhenti barulah mereka melancarkan aksinya. Kejadian ini sering terjadi pada ibu ibu yang baru turun dari mobil langsung dijambret setelah dibuntuti sekian lama.
  9. Perhatikan sekitar sebelum menuju kendaraan, para pelaku jambret ini banyak yang menunggu korban lengah mengambil kunci kendaraan dari tas lansung para pelaku ini melancarkan aksinya.
  10. Jangan beri kesempatan, terakhir para pelaku kejahatan selalu melancarkan aksinya jika diberik kesempatan. jadi hindari memberi kesempatan kepada mereka dengan tidak menggunakan Perhiasan emas yang berlebihan dan mencolok.
Semoga para pembaca dihindarkan dari pelaku kejahatan jambret dan sejenisnya Amiiin.

Waspadalah kejahatan ada di sekitar kita dan akan terjadi ketika kita memberi kesempatan kepada mereka.

Semoga bermanfaat,

Salam.

0 komentar: