Saturday, June 7, 2008

Load Image di Java

Minggu kemarin ku jengkel buanget... capek deh buat ngeload gambar aja nggak bisa. ku pake eclipse 3.2.0 javanya versi 1.6.0 ku nyarinya lama amat(lemot) tapi akhirnya berhasil meskipun nanya ma temen he3x.
sebenarnya ada beberapa cara untuk meload gambar pada java dari sekian cara tersebut ku pake Class BufferedImage alasannya karena lebih cepat.
ni source codenya n bisa di ambil di download box di folder source code



package belajar;

import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.image.*;
import java.io.*;
import javax.imageio.*;
import javax.swing.*;

public class LoadImage extends JFrame{
BufferedImage im;

LoadImage() {
super("Load Image");
setSize(300,300);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

try {
im = ImageIO.read(new File("belajar/gambar/003.jpg"));
} catch (Exception e) {
// TODO Auto-generated catch block
e.printStackTrace();
}
repaint();
}
public void paint(Graphics g){
super.paintComponents(g);
Graphics2D g2d= (Graphics2D) g;
g2d.drawImage(im, 10, 0, null);
}
public static void main(String args[])
{
new LoadImage();
}
}

5 komentar:

yoyow said...

wah thanx bgt bwt artikelnya. sering2 posting yg berhubungan ma java,php,dll ya...maklum,msh newbie nih...blom bisa apa2.anak vedc ya?aq anak pens lo...kan dosen2q sering ngajar disitu.btw,thx b4 ^_^

yoyow said...

mas, mas...
gambarnya bisa diload tp kok ada nullexception ya...
jd tambah bingung aq...
sori ngrepoti soalnya aq bener2 newbie dan ga ngerti apa2 soal java apalagi yg berhubungan ama image.thanx b4...

roemly said...

makasih commentnya, pas aku posting comment ni q lagi kul, yang ngajar dosenmu pak kholid, kenal nggak tuh?
km compilenya pake apa? q compile pake eclipse gak ada nullexception sama sekali...
n q dah lama gak buka java nehh kaku banget. sekarang lagi sibuknya di PHP maklum php lagi ngasih duit. wkwkwkwk

Sadie said...

Well said.

sang pendekar said...

terima kasih untuk artikelnya. pas banget, ane lagi nyari-nyari untuk bahan kuliah.

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...