Sunday, June 1, 2008

PENGANTAR JAVA

Java adalah bahasa pemrograman serbaguna. Java dapat digunakan untuk membuat suatu program sebagaimana Anda membuatnya dengan bahasa seperti Pascal atau C++. Yang lebih menarik, java juga mendukung sumber daya internet yang saat ini populer, yaitu World Wide Web atau yang sering disebut Web saja. Java juga mendukung aplikasi client/server, baik dalam jaringan lokal(LAN) maupun jaringan berskala luas(WAN).

Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada Agustus 1991, dengan nama semula Oak. Konon Oak adalah pohon semacam Jati yang terlihat dari jendela tempat pembuatnya, James Gosling, bekerja. Ada yang mengatakan bahwa oak adalah singkatan dari "Object Application Kernel", tetapi ada yang menyatakan hal itu mnucul setelah nama Oak diberikan pada januari 1995, karena nama Oaka dianggap kurang komersial, maka diganti menjadi Java.

Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa java merupakan hasil perpaduan sifat dair sejumlah bahasa, yaitu C, C++, Object-C, SmallTalk, dan Common LISP. Selain itu Java juga dilengkapi dengan unsur kemanan. yang tak kalah penting adalah bahwa Java menambahkan paradigma pemrograman yang sederhana. Jika Anda telah mengenal C atau C++, yang mengandalkan pointer dan Anda dapat merasakan keruwetannya, Java justru meninggalkannya sehingga anda akan memperoleh kemudahan saat menggunakannya.

Daftar Pustaka
Kadir Abdul, Dasar Pemrograman Java, Penerbit Andi, Yogyakarta,2005

0 komentar: