Search

Loading...

Monday, March 15, 2010

Format gambar DAN video di komputer


  1. JPEG
    Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakteristik gambar JPEG:
    * Memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg.
    * Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color.
    * Mengkompresi gambar dengan sifat lossy.
    * Umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto.
  2. BMP
    Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

    Ukuran sebenarnya untuk n-bit (2n warna) bitmap dalam byte dapat dihitung:

    ukuran file BMP \approx 54+4 \cdot 2^n+\frac{lebar \cdot tinggi \cdot n}{8}, dimana tinggi dan lebar dalam pixel.

    Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 1024x768.

    Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX dan TIFF.
  3. GIF
    Graphics Interchange Format (GIF) merupakan salah satu format gambar yang banyak digunakan. Beberapa karakteristik format gambar GIF:

    * Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8-bit untuk setiap pixel-nya.
    * Mengkompresi gambar dengan sifat lossless
    * Mendukung warna transparan dan animasi sederhana

    Format GIF pertama kali diperkenalkan oleh CompuServe pada 1987.
  4. TIFF
    Tagged Image File Format (TIFF) yaitu format untuk menyimpan gambar, termasuk foto dan gambar vektor. Di tahun 2009, format ini telah di bawah lisensi Adobe system. Awalnya format ini di ciptakan untuk di gunakan oleh perusahaan Aldus, format TIFF ini secara luas telah di dukung oleh manipulasi gambar, scanning, dan faxing.
  5. PCX
    PCX adalah sebuah format gambar yang dikembangkan oleh ZSoft Corporation yang berasal dari Marietta, Georgia, Amerika Serikat. PCX adalah format gambar yang aslinya diciptakan untuk PC Paintbrush (PCX = "Personal Computer eXchange") dan telah menjadi salah satu format gambar DOS yang paling diterima, meskipun keberadaannya sejak DOS telah digantikan oleh format yang lebih canggih semisal GIF, JPG dan PNG.

    Sebuah file PCX adalah format file berbentuk raster; kepala filenya menyimpan informasi tentang perangkat keras monitor (resolusi layar, kedalaman warna, informasi palet, jumlah bit dst.) secara terpisah dari gambarnya. Hal ini membuat sebuah file PCX dapat dipindahkan dan dibuka di perangkat komputer lain dengan perangkat keras yang berbeda. Sebuah file PCX biasanya dapat menyimpan gambar-gambar dengan indeks palet 2 hingga 4 bit dan 16 hingga 256 warna, namun sekarang telah ditambah untuk menyimpan gambar-gambar true color (24-bit).
  6. PNG
    PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression).

    PNG dibaca "ping", namun biasanya dieja apa adanya - untuk menghindari kerancuan dengan istilah "ping" pada jaringan komputer.

    Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web (Jejaring jagad Jembar - en:World Wide Web).

    Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:

    * Channel Alpha (transparansi)
    * Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:"brightness")
    * Penayangan citra secara progresif (progressive display)

    Selain itu, citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF).

    Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi.

    Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra - karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.
  7. 3GP
    3GP (3GPP file format) is Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS pelayanan multimedia. Format ini digunakan pada handphone 3G, tapi juga bisa di putar pada handphone 2G dan 4G.
  8. MPEG
    Moving Picture Experts Group (MPEG) telah diresmikan oleh ISO untuk mengatur kompresi pada audio dan video dan transmisi. Format ini telah di ciptakan pada tahun 1988 di Ottawa, Canada.
  9. AVI
    Audio Video Interleave, yaitu format multimedia yang di kenalkan oleh Microsoft pada Bulan November 1992 sebagai bagian dari video untuk teknologi dr Windows.

1 comment :

Rahmi Imanda said...

artikel yang menarik, kami juga punya artikel tentang 'BitMap File (BMP)' silahkan buka link ini
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2769/1/40.pdf
semoga bermanfaat ya