Saturday, September 6, 2008

Gara gara Tag PHP bikin stress

sebenarnya sih nih dah lama tapi gak apa apa deh, gini ceritanya aku khan dah lama gak utak atik php ,pas lagi dapat orderan aku pake wampserver yang terbaru yaitu versi 2.0 pas ku coba skrip sederhana seperti dibawah apa yang terjadi?

<?
echo "tampil gak?";
?>

skrip diatas gak nampilin apa- apa alias blank, pertama q kira apachenya bermasalah, jadi aku uninstal wampservernya terus ku instal lagi. setelah aku jalankan lagi tetap gak nampilin apa2, kucoba ku buka web yang pernah aku buat ternyata sama sekali gak ada yang jalan hasilnya blank juga. waduh masak aku harus format kompku? <(T_T)> huah2(sedih ceritanya neh) ditengah keputus asaan ku aku iseng iseng gak tau kenapa aku coba rubah tag php menjadi kayak ini.

<?PHP
echo "tampil gak?";
?>

hore berhasil berhasil. tapi aku penasaran kok aneh ya? bukannya sama saja, tapi yang penting skripku jalan lagi. pas hari2 berikutnya ada temenku yang punya masalah yang sama dia gak bisa menjalankan skrip phpnya. wuahua sama kasusnya neh, temenku kelihatan stress,putus asa, ngomel2 sendiri "kok bisa ya padahal cuman mau nampilin echo aja gak bisa", ku cuman bisa tersenyum wkwkwkwk (eh sori ketawa ding) akhirnya dia nanya ma aq eh rom kenapa gak tampil yaa.. terus ku coba lihat scriptnya ternyata dia pake tag php yang pendek. trus ku jawab dengan polosnya "ooo coba kamu pake tag satunya itu yang ada phpnya". belum di coba dah bilang "bukannya itu sama saja". ku jawab "tadi nanya kok komplain sih". karena gak ada jalan lain lagi dah buntu, akhirnya dengan wajah sedikit kesal(wkwkwkwk) dia tambah tag phpnya persis seperti yang ku anjurkan abis itu Ctrl+S tyus Alt+Tab refresh mozilla, kita lihat apa yang terjadi, tadi wajah yang sedikit kaku gara2 stress mulai melemas akhirnya bisa tersenyum lagi dan terlihat pelangi diwajahnya wkwkwkwkwk(eh salah khan belum hujan jadi gak da pelangi) .
berikutnya ada temenku lagi yang punya masalah sama dengan tag php. terus langsung ku bilang aja permasalahannya seperti yang kualami(aku gak jahat lagi lho) he3x. alhamdulillah hari berikutnya dia ngasih tau aku klo di php dot ini klo ada pengaturan tag php. "oooo gt yaa q baru tau makasih infonya".

ternyata setelah buka php.ini kemudian cari ternyata ada konfigurasi seperti ini:
short_open_tag = off

lengkapnya seperti ini:
; Allow the tags are recognized.
; NOTE: Using short tags should be avoided when developing applications or
; libraries that are meant for redistribution, or deployment on PHP
; servers which are not under your control, because short tags may not
; be supported on the target server. For portable, redistributable code,
; be sure not to use short tags.
short_open_tag = off

terus ku rubah valuenya menjadi on
short_open_tag = on

wal hasil script php yang menggunakan tag pendek jalan lagi. duh senangnya wkwkwkwk. ternyata setelah q browsing browsing sebaiknya kita biasakan menggunkakan tag php seperti ini

<?PHP
//script disini
?>

karena short_open_tag juga sudah tidak dianjurkan lagi, ada kemungkinan besar akan dihilangkan pada PHP versi kedepan. makanya teman2 sebaiknya biasakan menggunakan tag PHP yang dianjurkan.





keyword:
ada apa dengan tag php,script php gak jalan,apache error gak bisa jalanin script php, global variabel, jalanin echo aja gak jalan, apache ,wampserver xamp terbaru bikin script php gak jalan, execute.

4 komentar:

Anonymous said...

ooo...gt ya mas. q baru tau.sebenarx sh q pnh ngalami gt jg, cm berhubung q malas, jd q biarin aj masalah it tanp solusi, tp skrg q dh tau solusix, mksh banyak y mas.
emg benar y kt org "Pengalaman itu guru yang berharga"
maju terus dunia IT.
semangat!!!!

Anonymous said...

waaah, seru jg ya pengalamanmu.syukur dech, dari situ kt kan jd belajar byk hal. terus berjuang ya mas. tetap semangat n jgn putus asa.

Anonymous said...

alhamdulillah, hari ini q dapat tambahan 1 ilmu lagi. thank's berat lo

Anonymous said...

Numpang tanya dunk. Saya kan juga uda pake yang tag
tapi echo nya ttp ga bisa tampil di web nya..
itu gmn ya?Saya baru pertama kali ini ni soalnya coba2 pake PHP heheh :p
buat tambahan, saya pake notepad dan webserver IIS dari microsoft nya..
klo mengerti tolong pencerahannya dunkk .. :D
tengkyu